Minggu, 06 Maret 2016

Cara menanam bunga tulip


Tips Cara Menanam Bunga Tulip Di Indonesia Bungan Tulip Bunga tulip yaitu salah satu bunga yang melambangkan makna cinta. Bunga yang mempunyai nama latin Tulipa fosteriana ini yaitu bunga yang datang dari Turki tetapi malah populer juga sebagai bunga khas Belanda. Lantaran keindahan serta keanggunannya bunga ini sangatlah disukai oleh semua orang di dunia termasuk juga oleh orang-orang Indonesia. Meski sangatlah disukai, bunga ini tidak bisa ditanam di sembarang tempat. Bunga ini cuma bisa tumbuh serta mekar pada daerah beriklim dingin seperti di Eropa yang mempunyai suhu rata-rata harian di bawah 16 derajat Celcius. Lantas apakah mungkin saja bunga tulip bisa tumbuh di Indonesia yang termasuk juga ke negara tropis ini? 

Bunga Tulip


Bunga tulip sebenarnya bisa ditanam di daerah tropis seandainya kita bisa memodifikasi lingkungan iklim mikro agar sesuai sama iklim di daerah aslinya. Hal semacam ini pernah diuji coba di Singapura dan budidaya bunga tulip itu dinyatakan sukses. Disana 25.000 tangkai bunga tulip mekar dengan cara bersama pada Maret 2014.

Bunga Tulip Singapur


Bila Anda mau membudidayakan bunga tulip di Indonesia, Anda mesti sediakan sejenis rumah kaca (green house) juga sebagai tempat budidaya bunga tulip. Rumah kaca itu lalu dilengkapi dengan pendingin udara (air conditioner) untuk melindungi kelembapan serta suhu harian di dalamnya. Suhu yang dikehendaki oleh bunga tulip agar bisa tumbuh baik yaitu 16 derajat Celcius, jadi kita mesti melindungi agar suhu terus stabil serta tak berfluktuasi.


Biaya yang dikeluarkan untuk bikin rumah kaca serta memodifikasi iklim mikro untuk budidaya bunga tulip pasti tidaklah sedikit. Anda pastilah membutuhkan cukup banyak modal untuk bangun prasarana ini. Tetapi, keseluruhan penerimaan (income) yang Anda bakal dapatkan saat bunga telah mulai mekar bakal sangatlah tinggi, lantaran di Indonesia harga bunga tulip termasuk sangatlah mahal lantaran penyediaannya masih tetap diimpor dari negeri Belanda. 

Tips Cara Menanam Bunga Tulip Di Indonesia

Iklan

Agar saat mekar tulip berjalan lebih lama, dibutuhkan suatu perlakuan yaitu dengan menusuk sisi bawah kuncup sampai tembus saat bunga tulip masih belum mekar. Hal semacam ini berlangsung lantaran, sesudah ditusuk dengan jarum, bunga bakal menghasilkan gas etilen hingga saat mekar tulip bakal berjalan lebih lama. Tetapi hal semacam ini bakal jadi terbalik bila Anda menusuk sisi bawah kuncup waktu bunga telah mekar. Bila bunga tulip ditusuk waktu telah mekar malah jadi bakal bikin saat mekarnya makin singkat.

Untuk permasalahan penyediaan bibit, sekarang ini Anda masih harus mengimpornya langsung dari negeri Belanda, tetapi bila Anda mempunyai sanak saudara yang tinggal disana, pasti hal semacam ini tak jadi masalah. Sebenarnya, bunga tulip bisa diperbanyak memakai umbi maupun biji. Bila tulip yang ditanam datang dari umbi, ia bakal membuahkan bunga kurun waktu 1 tahun., sedang bila ditanam memakai biji, ia bakal membuahkan bunga kurun waktu 5 tahun., cukup lama juga ya.

Tips Cara Menanam Bunga Tulip Di Indonesia


Lalu untuk permasalahan media tanam, hal semacam ini nampanya juga tak jadi permasalahan yang berarti lantaran kita ketahui bahwa tanah di Indonesia ini termasuk juga tanah yang subur. Anda cuma butuh mencampurkan tanah humus, sekam bakar, serta pupuk kompos dengan perbandingan 3 : 1 : 1 juga sebagai media tanam.

Budidaya bunga tulip di Indonesia tanpa ada memakai green house bisa pula dikerjakan asal keadaan lingkungan terus mencukupi untuk pertumbuhannya. Salah satu yang pernah lakukan budidaya bunga tulip outdoor yaitu Mas Lea. Ia membudidayakan tulip di dataran tinggi Dieng yang kita kenali memanglah daerah ini mempunyai suhu kamar yang sangatlah rendah. Tetapi, berdasar pada pengalamannya bunga tulip yang dihasilkan mempunyai mahkota bunga yang lebih kecil di banding bunga tulip biasanya. Hal semacam ini jmungkin saja lantaran suhu di sana bisa digolongkan terlampau dingin untuk perkembangan tanaman bunga tulip.

Apabila Anda sukses membudidayakannya, satu langkah utama yang perlu Anda kerjakan saat sebelum jual bunga tulip hasil tanaman Anda yaitu tehnologi pasca panen. Bunga tulip yang awalannya segar saat ada didalam green house yang bersuhu 16 derajat Celcius, pasti bakal layu serta mati bila dibawa ke luar green house yang mana suhu rata-ratanya sekitar di angka 30 derajat Celcius. Dibutuhkan satu tehnologi pasca panen, agar bunga tulip yang dihasilkan tak cepat layu. Satu diantaranya yaitu dengan melindungi suhu area untuk menyimpan bunga tulip agar terus seperti umumnya serta berangsur-angsur di turunkan agar bunga tulip bisa menyesuaikan. 

Bunga Pasca Panen



Demikianlah artikel tentang Seputar Tanaman yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Tips Cara Menanam Bunga Tulip Di Indonesia, semoga dengan artikel dari Seputar Tanaman yang membahas tentang Tips Cara Menanam Bunga Tulip Di Indonesia, bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Untuk koleksi kerajinan tangan lainya jangan lupa kunjungi selalu blog Seputar Tanamanhttp://seputar-tanaman.blogspot.co.id/2015/02/tips-cara-menanam-bunga-tulip-di.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar