Minggu, 06 Maret 2016

Wisata provinsi Bengkulu

http://tempatwisataseru.com/31-tempat-wisata-di-bengkulu-yang-menarik-untuk-dikunjungi/

TEMPAT WISATA DI BENGKULU

Yuk kita simak berikut ini:

1. TEMPAT WISATA PANTAI PANJANG BENGKULU

Tempat wisata di Bengkulu yang pertama adalah pantai panjang. Pantai panjang merupakan tempat wisata yang wajib kita kunjungi. Keindahan alamnya menjadi salah satu daya tarik pantai ini. Pantai panjang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Bengkul, jadi sangat sayang sekali ini dilewatkan.
Lokasinya juga sangat mudah sekali dijangkau. Anda hanya butuh 15 menit saja untuk mencapai pantai ini dari pusat kota. Kenapa dinamai pantai panjang? Bisa jadi dikarenakan pantai ini memiliki panjang terbentang 7 KM, sangat panjang sekali bukan?
Di pantai ini anda dapat menikmati berbagai fasilitasm seperti mulai penginapan, restoran, cafe, pusat perbelanjaan, arena bermain anak, hingga fasilitas olah raga.Pengunjung pantai dapat berjogging ria atau juga bermain voli pantai beserta teman dan rekan mereka.
Pasirnya yang halus juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri, selain itu juga pasirnya putih bersih, sangat nyaman sekali untuk main disini. Saat matahari tenggelam juga menjadi saat-saat yang romantis dan ditunggu-tunggu.
Anda pecinta selancar? Di pantai ini anda juga bisa menikmati berselancar sepuasnya. Ombaknya juga cukup menantang. Saat anda mulai lapar, juga ada banyak rumah maka di sekitar pantai ini.
Bagaimana? Anda tertarik berlibur ke pantai panjang?

Tempat Wisata Pantai Panjang Bengkulu
2. TEMPAT WISATA SEJARAH RUMAH PENGASINGAN BUNG KARNO DI BENGKULU

Selanjutnya, tempat wisata sejarah di Bengkulu yang harus anda kunjungi andalah rumah pengasingan Bung Karno. Bung Karno merupakan sosok karismatik yang namanya sampai sekarang masih harus. Pidatonya yang menggelorakan semangat pemuda menjadi salah satu ciri khasnya.
Beliau tidak hanya disegani kawan, tapi juga lawan. Bahkan nama beliau banyak dijadikan nama jalan di negara-negara sahabat, seperti di Mesir contohnya.
Bung Karno diasingkan disini sekitar 1938 – 1942.Sebagaimana kita ketahui, Soekarna memiliki banyak istri, salah satu istrinya adalah gadis Bengkulu yang cantik jelita, fatmawati. Dalam sejarah kemerdekaan kita mengatahui bahwa beliau lah yang menjahit Bendera Sang Saka Merah Putih saat Proklamasi 17 Agustus 1945. 

Tempat Wisata Sejarah Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Anda tentu ingin tahu lebih jauh lagi bukan? Silahkan kunjungi museum ini, sangat dianjurkan sekali untuk anda anak muda, apalagi pelajar. Hal ini untuk menimbulkan rasa cinta kepada tanah air. Disini ada sepeda ontel kesayangan Bung Karno, koleksi buku, hingga surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati.
Pada awalnya, rumah ini adalah milik pengusaha Tionghoa bernama Tan Eng Cian yang bekerja saat itu sebagai penyumplai sembako untuk Pemerintah Belanda. Lalu, Belanda menyewanya untuk menempatkan Bung Karno di rumah tersebut selama diasingkan di Bengkulu. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Rumah Pengasingan Bung Karno sebesar Rp 2.500 per orang.

3. TEMPAT WISATA SEJARAH BENTENG MARLBOROUGH BENGKULU

Tempat wisata sejarah di Bengkulu yang selanjutnya adalah Benteng Marlborough. Benteng ini menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia melawan Inggris. Benteng ini dibangun pada 1713 – 1719 oleh East India Company (EIC).

Tempat Wisata Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu

Untuk menjadi bangsa yang besar kita harus mengenal sejarah, kita ambil hikmahnya dari setiap peristiwa. denga luas sekita 44.100 m persegi dengan panjang 240,5 m dan lebar 170,5 m, menghadap ke arah selatan dan membelakangi Samudra Hindia. Bentuk arsitektur bangunan Benteng Marlborough ini mirip kura-kura, terdapat jembatan yang menghubungkan bagian kepala dan badan, sebuah jembatan di atas parit yang membentuk ekor dan jembatan yang menghubungkan jalan masuk dengan bagian luar.

4. TEMPAT WISATA PANTAI TAPAK PADERI BENGKULU

Selanjutnya, tempat wisata di bengkulu yang populer lainnya adalah pantai Tapak Paderi. Pantai ini dahulunya dijadikan seabgai pelabuhan penajajh Inggris. Pantai ini sendiri menjadi salah satu dari deretan Pantai Panjang di Bengkulu. pada saat musim liburan banyak sekali pengunjung yang memadati wisata pantai Tapak Paderi ini. Pengunjung dapat menikmati indahnya sunset di pantai yang menjadi daya tarik wisata tersendiri. Suguhan jagung bakar dan kuliner lainnya juga melengkapi pemandangan pantai yang sangat menawan ini.
Lokasinya pun tidak jauh dari Benteng Marlborough, hanya sekitar 100 meter saja. Jika anda mengjungi pantai ini pada sore hari, anda akan disuguhkan dengna pemandangan yang sangat luar biasa indahnya, sunset di pantai ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Tempat Wisata Pantai Tapak Paderi Bengkulu
5. BERWISATA KE KOTA CURUP BENGKULU

Jika anda berlibur ke Bengkulu jangan lupa untuk ke kota Curup. Kota ini juga menyimpan banyak sejarah masa lampau, salah satunya yang terkenal adalah rumah salah seorang Gubernur Pemerintahan Inggris yang sangat terkenal yaitu Raflesia Arnoldi. Raflesia Arnoldi juga dikenal dengan penemu bunga bangkai yang sampai sekarang masih hidup di Kebun Raya Bogor. Kota Curup memiliki pemandangan yang sangat indah, hal itu karena lokasi kota ini terdapat di ketinggian 100 – 1000 meter dpl. Kota Curup terdapat di atas pegunungan Bukit Barisan dengan pemandangan sekitar berupa ladang-ladang sayur yang diselimuti kabut khas pegunungan.
Berwisata ke Kota Curup Bengkulu
Kota Curup adalah ibukota Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Inilah tempat yang menjadi rumah Bunga Rafflesia Arnoldi yang terkenal itu.
Dari kota ini, Anda dapat pergi ke Bukit Kaba, mendakinya hingga ke puncak untuk menyaksikan panorama alam yang memikat di sana. Atau, menikmati wisata di Danau Mas Harun Bastari. Jika Anda ingin mandi air panas di kota ini, datanglah ke Suban Air Panas, sebuah tempat pemandian air panas di Bengkulu dengan sumber air dari pegunungan yang langsung menuju kolam-kolam. Kota Curup adalah tempat wisata di Bengkulu dengan keunikan daerahnya yang menarik.
Ada banya sekali tempat menarik di kota curup, nanti akan dibahas di bagian bawah.

6. TEMPAT WISATA DANAU DENDAM TAK SUDAH BENGKULU

Danau ini memiliki nama yang agak seram. Kalau dalam bahasa Indonesianya, dendam yang tidak berujung. Danau ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Masih sanga terjaga dari kejahilan tangan manusia.
Tempat Wisata Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu
Danau ini terletak di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Danau yang dikelilingi bukit-bukit hijau ini merupakan kawasan cagar alam yang menyimpan banyak potensi ekologi dan keseimbangan ekosistem.

7. TEMPAT WISATA DANAU MAS HARUN BASTARI BENGKULU

Selain danau dendam tak sudah, ada juga dana mas harum bastari yang harus anda kunjungi. Lokasinya ada di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Danau ini juga tak kalah indahnya dari danau dendam tak sudah.
Untuk menuju danau ini, anda harus berjalan sekitar 17 km dari kota Curup. Di danau ini ada banyak wahana yang bisa dimainkan. Anda bisa naik perahu keliling danau. Sangat cocok untuk wisata keluarga. Anda juga bisa main sepeda air yang tak kalah serunya.
Tempat Wisata Danau Mas Harun Bastari Bengkulu

8. TEMPAT WISATA SEJARAH MUSEUM NEGERI BENGKULU

Satu lagi objek wisata sejrah di Bengkulu yang harus anda kunjungi, Museum Negeri. Museum ini sudah mengalami pemindahan, dimana sebelumnya ada di Benteng Marlborough. Pemerintah Bengkulu berinisiatif untuk memindahkannya pada 3 Januari 1983.
Disini anda dapat melihat koleksi sejarah seperti geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa, hingga teknologika. Total, ada sekitar 6.220 macam koleksi.
Tempat Wisata Sejarah Museum Negeri Bengkulu
Museum ini dibuka setiap hari, kecuali Senin, dari pukul 8 pagi hingga 1 siang. Hampir separuh koleksi tersebut adalah benda budaya kategori etnografi atau benda budaya yang merupakan perlengkapan hidup, seperti kain tenun tradisional, benda upacara, senjata, dan lainnya baik yang masih dipakai dan diproduksi maupun perlengkapan kuno yang sudah tidak diproduksi atau digunakan lagi.

9. TEMPAT WISATA ALAM BUKIT KABA BENGKULU

Satu lagi destinasi wiata alam di Bengkulu yang harus dikunjungi yaitu Bukit kaba. Bukit kaba terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Buku ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Tahukah anda? Terdapat 8 kawah gunung berapi yang 5 diantaranya tertutup oleh rimbunnya vegetasi. Untuk menikmati indahnya kawah di Bukit Kaba pengunjung harus melewati sekitar 307 anak tangga. 
Hmm, selain untuk wisata juga bisa untuk olahraga ya? Hehe, tapi anda tidak perlu khawatir, setelah sampai dipuncaknya semua rasa lelah akan terbayar dengan panorama yang menakjubkan di Bukit Kaba.
Selain dapat menikmati indahnya pemandangan pada siang hari, wisatawan juga dapat menikmati indahnya Kota Curup pada malam hari. Biasanya pengunjung akan berkemah di sini. Rasakan sensasi liburan di alam.
Tempat Wisata Alam Bukit Kaba Bengkulu
Di Gunung Kaba atau masyarakat Bengkulu menyebutnya sebagai Bukit Kaba, anda juga dapat menikmati indahnya jajaran Bukit Barisan yang berdiri indah serta pendar cahaya matahari terbenam adalah beberapa hal memikat yang dapat Anda rasakan di tempat wisata Bengkulu yang satu ini. Berkemah di puncak bukit untuk menyaksikan gemerlap lampu Kota Curup pada malam hari adalah satu hal yang menawan. Untuk dapat masuk kawasan wisata Bukit Kaba di Bengkulu ini, Anda harus membayar retribusi sebesar Rp 2.500 per orang.

10. BERWISATA KE PULAU TIKUS BENGKULU

Mungkin anda akan bertanya? Pulau Tikus? Apa penghuninya tikus semua ya? Hmm, memang nama pulau ini cukup unik. Pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Bengkulu. Pulau yang hanya memiliki luas sekitar 1,5 ha ini menyuguhkan keindahan terumbu karang di sekitarnya.
Lokasi Pulau Tikus ada di 10 km di arah barat dari kota Bengkulu. Palau ini menjadi surganya para pecinta alam bawah laut. Untuk menjangkau pulau Tikus di Bengkulu ini pengunjung dapat melalui Pantai Jakat kemudian menyewa kapal nelayan.Perjalanan dari sini memakan waktu 1 jam. Selain itu pengunjung juga dapat melalui Pelabuhan Pulau Baai kemudian menggunakan boat untuk menuju Pulau Tikus. Dengan cara ini anda hanya akan memakan waktu sekitar 40 menit.
Keindahan pulau ini sangat luar biasa, air lautnya sangat jernih, batu karangnya sangat cantik, ikannya berwarna-warnia. membuat wisatawan akan betah berlama-lama di Pulau mini ini.
Berwisata ke Pulau Tikus Bengkulu

11. WISATA ALAM SUNGAI AIR BERAU BENGKULU

Kalau tadi kita sudah ke tempat yang indah-indah di Bengkulu, sekarang saatnya kita pacu adrenalin. Bagi anda pecinta olahraga ekstrim arung jeram, maka Sungai Berau harus masuk dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjung di Bengkulu.
Arusnya yang sangat deras menjadi tantangan tersendiri untuk anda. Tempatnya ada di kabupaten Muko-muko, Bengkulu. 
Di Sungai Air Berau ini juga terdapat sebuah upacara adat yang unik yaitu upacara anak daro mandi ke air. Upacara ini merupakan upacara memandikan anak bayi yang baru lahir ke sungai ini. 
Wisata Alam Sungai Air Berau Bengkulu

12. WISATA KE HABITAT BUNGA RAFFLESIA ARNOLDII BENGKULU

Sebagaimana yang sudah saya sebutkan diawal tadi, di Bengkulu terdapat Bunga yang berukuran raksasa, yaitu Bunga Rafflesia arnoldii. Bunga ini bisa kita temukan di Hutan Lindung Bukit Daun Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu jadi lokasi wisata dadakan sebab dua kuntum bunga langka itu mekar di lokasi tersebut.
Bagi pecinta alam, jika bersiwata ke Bengkulu maka anda wajib ke tempat ini. Selain dua bunga yang mekar sempurna itu, di lokasi ini juga masih ada sejumlah bonggol atau calon bunga yang akan mekar beberapa minggu ke depan. Sebelumnya, dua bunga rafflesia juga mekar bersamaan di lokasi tersebut.
Wisata ke Habitat Bunga Rafflesia Arnoldii Bengkulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar